Efektivitas kinerja amil menjadi tolak ukur kinerja lembaga BAZNAS yang sesuai dengan prinsip pengelolaan zakat sesuai syariah Islam, bekerja secara profesional dengan tetap memperhatikan aspek etika bisnis yang adil dan proporsional. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja amil BAZNAS Sidoarjo melalui 4 (empat) indikator (perspektif keuangan, perspektif pelanggan (muzakki dan mustahik), perspektif bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) sebagai upaya dapat mempengaruhi perkembangan lembaga kedepannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian dalam pengukuran metode Balanced Scorecard pada penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS mampu mencapai target di setiap tahunnya. Muzakki merasa puas atas pelayanan yang diberikan serta mustahik merasa puas atas beberapa program yang tersalurkan sesuai dengan prosedurnya. BAZNAS Sidoarjo dapat dikatakan efektif sebagai tujuan strategis yang mampu memperhatikan kepentingan stakeholder dalam meningkatkan pendapatan mustahik guna menciptakan kemandirian umat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mustahik dengan tujuan mengubah status mustahik kelak menjadi muzakki. Serta produktivitas dan retensi pegawai BAZNAS telah mencapai tujuan yang baik.
Copyrights © 2023