Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI PENDEKATAN KERAGAMAN PESERTA DIDIK UNTUK MEMENUHI TARGET KURIKULUM

Kirana Wardani (Unknown)
darmawan, puguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi target kurikulum berdasarkan keragaman peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang membantu proses pembelajaran peserta didik sesuai dengan profil belajar, kesiapan belajar, dan minat peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kepustakaan dengan metode pengumpulan data dokumen-dokumen dari buku, artikel, jurnal ilmiah, serta literatur yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi sebagai pendekatan keragaman peserta didik untuk memenuhi target kurikulum setelah  menganalisis berbagai sumber terpercaya, peneliti dapat menghasilkan kesimpulan yang valid dan bermanfaat. Kesimpulan Peserta didik memiliki keberagaman setiap individu seperti minat, kesiapan, profil belajar. hal ini membutuhkan kurikulum dan pembelajaran  yang dapat memfasilitasi kebutuhan dan karakter peserta didik  salah satunya kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi terdiri dari tiga aspek yaitu diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan diferensiasi proses

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...