Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi target kurikulum berdasarkan keragaman peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang membantu proses pembelajaran peserta didik sesuai dengan profil belajar, kesiapan belajar, dan minat peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kepustakaan dengan metode pengumpulan data dokumen-dokumen dari buku, artikel, jurnal ilmiah, serta literatur yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi sebagai pendekatan keragaman peserta didik untuk memenuhi target kurikulum setelah  menganalisis berbagai sumber terpercaya, peneliti dapat menghasilkan kesimpulan yang valid dan bermanfaat. Kesimpulan Peserta didik memiliki keberagaman setiap individu seperti minat, kesiapan, profil belajar. hal ini membutuhkan kurikulum dan pembelajaran  yang dapat memfasilitasi kebutuhan dan karakter peserta didik  salah satunya kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi terdiri dari tiga aspek yaitu diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan diferensiasi proses
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024