Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk meningkatkan nilai IPS  khususnya pada kompetensi dasar memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode bermain peran menunjukkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi tempat jual beli pada siswa kelas III SD Islam Ababil Sidoarjo meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar yang meningkat dari siklus I, II, dan III, masing-masing 79.41%, 82.35%, dan 94.12%, aktivitas guru dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dengan metode bermain peran pada materi pokok tempat jual beli mengalami peningkatan dari siklus I,II,dan III, masing-masing 5.11, 5.75 dan 5.88, dan aktivitas siswa dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dengan metode bermain peran pada materi pokok tempat jual beli mengalami peningkatan dari siklus I,II,dan III, masing-masing 80%, 84% dan 90% .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok tempat jual beli kelas III di SD Islam Ababil Sidoarjo dapat ditingkatkan melalui penerapan model kooperatif tipe STAD dengan metode bermain peran pada materi pokok tempat jual beli
 
Kata Kunci: Bermain peran,  kooperatif  tipe STAD, hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014