Kode : Jurnal Bahasa
Vol 13, No 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi

Fatimah, Siti (Unknown)
Harahap, Eddy Pahar (Unknown)
Nurfadilah, Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 14 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman siswa dan wawancara yang ditujukkan kepada guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi termasuk dalam kategori rendah atau kurang mampu. Berdasaarkan skor hasil tes yang dilakukan oleh siswa yang setelah dihitung mempunyai nilai rata-rata 67,1. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori kurang mampu karenan Indikator kinerjanya sesuai dengan nilai ketuntasan minimal menurut sekolah adalah 70, perolehan nilai pada setiap siswa dalam pembelajaran harus 70 ke atas dengan ketuntasan 80% ke atas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...