Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model CIRC berbantuan cerita bergambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambarpada siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk eksperimen semu. Desain penelitian ini yaitu Nonequivalent Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Pupuan yang berjumblah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai =5,67 lebih dari nilai =2,052 dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menunjukkan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar memiliki kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yang mana dalam uji hipotesis diperoleh nilai thitung lebih dari nilai ttabel yang menandakan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2024