Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2024): May

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Strip Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Diliya Putri, Putu Mutiara Vista (Unknown)
I Nyoman Jampel (Unknown)
Ni Wayan Rati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Hasil belajar siswa yang semakin menurun disebabkan kurangnya media pembelajaran yang di terapkan dalam belajar sehingga siswa mudah bosan dan jenuh. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media komik strip IPA SD untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek pengembangan ini yaitu 3 ahli dan 9 orang siswa, sementara objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media komik. Metode yang digunakan yaitu penilaian skala, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian dibuktikan dengan uji validitas ahli materi 0,90, ahli desain pembelajaran 0,88, dan ahli media 0,89; uji kepraktisan dari respon siswa melalui uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dengan memperoleh hasil yang sama yaitu 96,21%; uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil thitung 14,40 lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% 1,70 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest-posttest memperoleh nilai N-gain score 66% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media komik strip. Disimpulkan bahwa media komik strip dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...