LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024)

AKTUALISASI DIRI DALAM TRILOGI NOVEL DEAR NATHAN KARYA ERISCA FEBRIANI DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

RAMADHANI, DINDA AYU PUTRI AGTI (Unknown)
SUBANDIYAH, HENY (Unknown)
RAHARJO, RESDIANTO PERMATA (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

This research focuses on discussing the self-actualization of the main character in the novel Dear Nathan by Erisca Febriani, and its implications as a character shaper for students. This research is in the form of qualitative descriptive research. The theory used is Carl Rogers' publicist psychology. The data analysis technique used is descriptive analysis and presentation of data in the form of sentences and novel quotations. The research results show that the two main characters in the novel succeeded in achieving their self-actualization. Their character is formed from the experiences and realities they have to live with, which ultimately leads them to success and freedom for their existence. The main character's achievement of self-actualization is proven by the character Nathan who recovers from past trauma and becomes a campus activist. Meanwhile, for the character Salma, self-actualization is proven by Salma returning to writing and realizing her dream as a writer. He studied Indonesian literature with full support from his parents. The value of character in the self-actualization of the main character must be taught and instilled in students in literature learning as it has implications for character development. The application of character values in the self-actualization of the main character in the novel, as well as its implications as a learning medium are realized through Indonesian language teaching activities using the Merdeka Curriculum. ABSTRAKPenelitian ini berfokus membahas aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani, dan implikasinya sebagai pembentuk karakter peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan ialah psikologi humanistik milik Carl Rogers. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dan penyajian data berupa kalimat dan kutipan novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua tokoh utama dalam novel berhasil mencapai aktualisasi diri mereka. Karakter mereka terbentuk atas pengalaman dan realitas yang harus mereka jalani, yang pada akhirnya menuntun mereka pada keberhasilan dan kebebasan atas eksistensi diri mereka. Pencapaian aktualisasi diri tokoh utama dibuktikan dengan tokoh Nathan yang sembuh atas trauma masa lalu dan menjadi salah satu aktivis kampus. Sedangkan pada tokoh Salma, aktualisasi diri dibuktikan dengan Salma yang kembali menulis, dan mewujudkan impiannya sebagai seorang penulis. Ia menempuh pendidikan sastra Indonesia dengan dukungan penuh dari orang tuanya. Adapun nilai karakter dalam aktualisasi diri tokoh utama harus diajarkan dan ditanamkan kepada peserta didik dalam pembelajaran sastra sebagaimana implikasinya terhadap pengembangan karakter. Aplikasi dari nilai karakter dalam aktualisasi diri tokoh utama dalam novel, serta implikasinya sebagai media pembelajaran diwujudkan melalui kegiatan pengajaran Bahasa Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...