Berkembangnya e-learning dalam dunia pendidikan memberikan dampak yang besar pada tingkatan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Hal ini diikuti dengan banyaknya e-learning yang dapat digunakan oleh siswa/mahasiswa seperti Ruang Guru, Edmodo, google classroom dan masih banyak lagi. Makin banyak e- learning yang digunakan pada proses belajar, maka dengan ini paradigma pendidikan juga mengalami pergeseran menjadi student centered learning. Berdasarkan observasi pada Universitas Negeri Malang (https://sipejar.um.ac.id/) sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran daring dan hibrida. Konten yang terdapat dalam e-learning tersebut juga digunakan untuk melakukan evaluasi. Oleh karena itu, perlu adanya analisis yang mengungkap bentuk dan kualitas konten pembelajaran yang diterapkan pada e-learning di perguruan tinggi sebagai media pembelajaran hibrida. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Peneliti mendeskripsikan data konten evaluasi yang diterapkan pada e-learning di perguruan tinggi sebagai media pembelajaran hibrida. Objek penelitian ini adalah e-learning perguruan tinggi di Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Asesmen Berbasis TIK. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dideskripsikan dan dipaparkan apa adanya sehingga akan diketahui hal-hal yang belum disajikan dalam data yang telah diperoleh. Setelah data tersebut dideskripsikan selanjutnya dilakukan analisis mengenai isi pembelajaran di e-learning. Analisis isi konten pembelajaran yang diterapkan pada e-learning di perguruan tinggi sebagai media pembelajaran hibrida yaitu berkaitan dengan jenis pembelajaran yang diterapkan.
Copyrights © 2024