Jurnal Ekonomika
Volume 15, Nomor 02, Juni 2024

PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, PRODUK, DAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

Haris, Muhammad (Unknown)
Shofawati, Atina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor pelayanan, produk, dan pendidikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan bank syariah di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner secara online dengan teknik purposive sampling. Kriteria yang digunakan untuk memenuhi penelitian ini adalah nasabah bank syariah di Indonesia dan menggunakan produk tabungan wadiah. Dari kuesioner dan kriteria tersebut didapati sebanyak 102 responden yang memenuhi syarat yang kemudian akan dilakukan olah data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat statistik IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah sedangkan variabel produk dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Secara simultan variabel pelayanan, produk, dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Kata Kunci: faktor, minat nasabah, bank syariah, regresi linear berganda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, ...