Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 15, No 2 (2024): APRIL 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA

Meylinda, Mifta (Unknown)
Putri, Desy Hanisa (Unknown)
Risdianto, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Problem Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi berbasis Canva terhadap hasil belajar fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan Design Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket respon. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh kesimpulan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi berbasis Canva terhadap hasil belajar fisika di SMA dengan kategori sedang dengan dibuktikan nilai effect size sebesar 0,80 dan respon siswa terhadap pembelajaran fisika modelĀ  Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi berbasis canva berada pada kategori baik dengan persentase 74% .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...