Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 2 No 2 (2023): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kota Solok

yuliandra, avil (Unknown)
Pratama, Indra Mulia (Unknown)
Harini, Gustia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Kota Solok yang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kediiplinan Belajar Siswa. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar peserta didik lebih giat lagi dalam belajar dan memahami materi setiap pembelajaran Akuntansi Dasar, serta dapat lebih meningkatkan motivasi belajar, untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran dan diharapkan dalam belajar siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik, benar dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...