E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Melalui Penggunaan Metode Silabel Berbasis Game Edukasi Pada Anak Disabilitas Intelektual

Salsabila, Azila (Unknown)
Sopandi, Asep Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual di kelas IV SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Penelitian bertujuan untuk  membuktikan apakah metode silabel berbasis game edukasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Pengukuran dilakukan dengan mencatat kejadian menggunakan daftar checklist berisi 10 kata benda dan dihitung menggunakan persentase. Penelitian dilakukan dalam dua fase: fase baseline dan fase intervensi. Pada fase baseline, yang berlangsung selama 3 pertemuan, peserta didik memperoleh persentase nilai 0% karena tidak ada kata benda yang benar dibaca. Pada fase intervensi, yang berlangsung selama 12 pertemuan, peserta didik diberi perlakuan dengan metode silabel berbasis game edukasi. Dalam fase ini, nilai peserta didik meningkat secara signifikan dengan persentase nilai pada pertemuan pertama yaitu 30% dan pada pertemuan terakhir 100%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak disabilitas intelektual meningkat setelah penerapan metode silabel berbasis game edukasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...