E-JUPEKhu
Vol 12, No 1 (2024)

Efektivitas Penggunaan Media The Claw Pencil Grip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Cerebral Palsy di SLB YPAC Sumatera Barat

Qalby, Suci Raudatul (Unknown)
Sopandi, Asep Ahmad (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)
Zulmiyetri, Zulmiyetri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan seorang siswa Cerebral palsy yang berkesulitan dalam  menulis permulaan padahal siswa sudah berada di kelas VI SLB. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Penelitian bertujuan untuk menguji Media The Claw Pencil Grip dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa Cerebral Palsy di SLB YPAC Sumatera Barat. Penelitian ini memakai Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data yang diperoleh 28,3, 31,6, 31,6, 31,6. Pada kondisi intervensi (B) hasil data yang diperoleh 48,3, 55, 78,3, 80, 81,6, 81,6, 81,6. Kemudian pada kondisi baseline (A2) hasil data yang diperoleh  83,3, 85, 85, 85. Hasil dari penelitian membuktikan keterampilan menulis permulaan pada siswa Cerebral Palsy meningkat setelah menggunakan media The Claw Pencil Grip.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...