EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
Vol. 4 No. 3 (2024)

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

NAYLA TSABITAH (Universitas Muhammadiyah Riau)
NOVA WAHYU ANIS ISTIQOMAH (Universitas Muhammadiyah Riau)
VHANY SYAFRI ANDINI (Universitas Muhammadiyah Riau)
ILHAM HUDI (Universitas Muhammadiyah Riau)
DITO SAADI (Universitas Muhammadiyah Riau)
ARYA SAFTA PRATAMA (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Citizenship education is an important element in forming character and increasing students' knowledge about their country and citizenship. The use of information and communication technology (ICT) has great potential to improve the quality of learning in the field of citizenship education. This research aims to examine various scientific articles regarding the application of ICT in civic education learning to increase student understanding and involvement. The method used is a qualitative approach with descriptive methods, where data is collected through observation and literature study. The research results show that ICT can strengthen the learning process, improve the quality of citizenship education, and enable students to access a wider range of learning resources. ABSTRAKPendidikan kewarganegaraan merupakan elemen penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan pengetahuan siswa tentang negara serta kewarganegaraan mereka. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai artikel ilmiah mengenai penerapan TIK dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK dapat memperkuat proses pembelajaran, meningkatkan kualitas pendidikan kewarganegaraan, dan memungkinkan siswa mengakses sumber belajar yang lebih luas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan ...