MALIH PEDDAS
Vol 13, No 2 (2023): Malih Peddas, Volume 13, Nomor 2

ANALISIS SOAL EVALUASI BERBASIS HOTS TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN SAMBIREJO 2 SEMARANG

Madalena, Rani (Unknown)
Wakhyudin, Husni (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)
Rumiarci, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan hasil analisis soal evaluasi tema ekosistem pada kelas V SDN Sambirejo 2 Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan oktober-desember 2022 dikelas V dengan jumlah 28 peserta didik. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pamong dan guru kelas V SDN Sambirejo 2 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan hasil yang terjadi dilapangan berbentuk kata-kata. Hasil dari penelitian yaitu peneliti menganalisis soal evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran terdiri dari siklus I terdapat 5 soal, siklus II ada 10 soal dan siklus III sebanyak 5 soal. Dari keseluruhan soal yang dianalisis sebanyak 15 atau (75%) soal yang berbasis HOTS dan 5 atau (25%) soal mengarah pada LOTS. Dapat disimpulkan bahwa soal yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran sudah termasuk kategori baik namun sebaiknya guru membuat kisi-kisi yang mengarah pada C4-C6. Harapannya dengan adanya soal HOTS, peserta didik mempunyai dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kritis serta berpikir kreatif dalam memecahlan suatu masalah.

Copyrights © 2023