Bulletin of Pedagogical Research
Vol. 1 No. 2 (2021): Bulletin of Pedagogical Research

The Commendable Leadership in Islamic Perspective

Sarni, Sarni (Unknown)
Muslimah, Muslimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bermasuksud untuk menemukan jawaban dari pertanyaan bagaimana kepemimpinan terpuji dalam perspektif Islam yang pernah dicontohkan oleh Nabi dan Rasul. Dilakukan menggunakan kajian pustaka, dengan mengumpulkan, memilah, menelaah, menganalisis materi-materi yang relevan dengan kajian, yaitu tentang kepemimpinan terpuji dalam sudut pandang Islam, berasal dari buku, ensiklopedi, jurnal dan dikaitkan pembahasannya dengan Al-Quran dan Hadis. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang tidak lepas dari makna pengelola diri sendiri dan mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama demi mencapai suatu tujuan bersama diungkapkan dengan istilah antara lain: khalifah, imam, dan uli al-amri. Kriterianya adalah manusia yang mendapatkan hikmah dari Allah SWT, kuat fisiknya, jujur, beriman, adil dan dapat menunjuki jalan yang lurus. Syarat utamanya yaitu adil dalam arti yang luas, punya ilmu untuk dapat melakukan ijtihad menghadapi persoalan-persoalan dan hukum, sehat pendengaran, mata dan lisan supaya dapat berurusan langsung dengan tanggungjawabnya, sehat badan sehingga tidak terhalang untuk melakukan gerak dan melangkah cepat, pandai dalam mengendalikan urusan rakyat dan kemaslahatan umum, berani dan tegas membela rakyat dan menghadapi musuh yang mengancam. Kepemimpinan yang terpuji sebagaimana diteladankan oleh Nabi dan Rasul SAW yang menjalankan prinsip shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah. Kata Kunci : Kepemimpinan Terpuji, Kepemimpinan dalam Islam, Kepemimpinan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpr

Publisher

Subject

Education

Description

The mission of the Bulletin of Pedagogical Research is to serve as a research forum for a diverse group of scholars who are invested in the preparation and continued support of teachers and who can have a significant voice in discussions and decision-making around issues of teacher education. One of ...