WELL-BEING: Journal of Social Welfare
Vol 4, No 2 (2023):

BENTUK INTERVENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA BERMASALAH (Studi SMA Negeri 2 Kulisusu Kabupaten Buton Utara)

Rahmat, Aris (Unknown)
Supiyah, Ratna (Unknown)
Sarmadan, Sarmadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab Siswa Bermasalah di Sekolah SMA Negeri 2 Kulisusu Kabupaten Buton Utara dan untuk mengetahui Bentuk Intervensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani Siswa Bermasalah di SMA Negeri 2 Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan 21 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab siswa bermaslah di sekolah adalah di sebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berkaitan dengan pribadi, dalam faktor yang berkaitan dengan pribadi ada beberapa jenis diantaranya:(1) sifat malas yang dimiliki oleh Siswa (2) sifat marah dan (3) kesengajaan dari tindakan yang dilakukan. Faktor eksternal yaitu (1) faktor yang berkaitan dengan keluarga (2) faktor yang berkaitan dengan sekolah dan (3) faktor yang berkaitan dengan lingkungan sosial. Bentuk intervensi guru bimbingan konseling dalam menangani siswa yang bermasalah yaitu (1) konseling individu (2) konseling kelompok. (3) Bimbingan kelompok (4) konsultasi dan (5) Keberfungsian Sosial Siswa. Dalam konseling individu yang dilakukan oleh Guru BK yaitu Guru BK melakukan wawancara dengan siswa bermasalah untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan di sekolah dan memberikan motivasi kepada siswa yang bermasalah. Untuk konseling kelompok yaitu Guru BK mengumpulkan siswa yang bermasalah kemudian di berikan pengarahan dan sangsi dari masalah yang dilakukannya. Bimbingan kelompok dengan menghadirkan orang tua siswa di sekolah kemudia di berikan pengarahan kepada siswa yang bermasalah secara berkelompok baik dari kepala sekolah, wsli kelas, guru bimbingan dan konseling dan orang tua siswa. Konsultasi yang dilakukan dengan cara memberitahu terlebih dahulu kepada siswa terkait aturan tata tertib sekolah agar mereka tidak melakukan pelanggara di sekolah. Dan Keberfungsian Sosial Siswa melihat bagaimana siswa yang telah di berikan konseling apakah sudah menjalankan fungsinya sebagai seorang siswa sesuai dengan statusnya seorang siswa atau belum dan melihat bagaimana perubahan siswa yang bermasalah setelah di konseling.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wellbeing

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Well-being: Journal of Social Welfare managed by the Welfare Sciences Department of the Faculty of Social and Political Sciences, Halu Oleo University provides information services to advance knowledge about global threats to the well-being of individuals, groups, families and communities. Articles ...