Abstrak. Pemberian edukasi pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam upaya pencegahan stunting. Mengenalkan anak dengan gizi seimbang akan membantu dalam pemilihan makanan sejak dini untuk meningkatkan kesehatan dan membentuk kebiasaan sikap dan prilaku di masa depan. Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran anak usia sekolah yaitu, instrumen atau media yang digunakan termasuk minim maka tujuan penelitian ini memperkenalkan media pembelajaran PramEd dan melihat perubahan pengetahuan terhadap penggunaan PramEd sebagai media edukasi gizi seimbang pada peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen pre- test post-test only yang dilakukan pada 38 peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Kegiatan dilakukan dengan pre-test sebelum memberikan materi edukasi kemudian memperkenalkan media edukasi yang akan digunakan yaitu berbasis gambar dan warna yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Setelah pemberian edukasi menggunakan media PramEd, responden kembali diberikan post-test untuk melihat perubahannya. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perubahan pre dan post-test responden setelah mendapatkan materi edukasi menggunakan media PramEd. Terdapat perubahan pengetahuan dengan hasil signifikat berdasarkan hasil analisis statistik (p-value<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perubahan sebelum dan setelah pemberian materi edukasi menggunakan media PramEd pada peserta didik TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Kata Kunci: media edukasi, usia dini, anak sekolah
Copyrights © 2023