Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 8

Penggunaan Instrumen Pramed sebagai Media Edukasi Gizi Seimbang pada Peserta Didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar

Hammado, Nurussyariah (Unknown)
Yasin, Yade K (Unknown)
Ichsania, Nurul (Unknown)
Setyagraha, Etno (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Abstrak. Pemberian edukasi pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam upaya pencegahan stunting. Mengenalkan anak dengan gizi seimbang akan membantu dalam pemilihan makanan sejak dini untuk meningkatkan kesehatan dan membentuk kebiasaan sikap dan prilaku di masa depan. Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran anak usia sekolah yaitu, instrumen atau media yang digunakan termasuk minim maka tujuan penelitian ini memperkenalkan media pembelajaran PramEd dan melihat perubahan pengetahuan terhadap penggunaan PramEd sebagai media edukasi gizi seimbang pada peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen pre- test post-test only  yang dilakukan pada 38 peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Kegiatan dilakukan dengan pre-test sebelum memberikan materi edukasi kemudian memperkenalkan media edukasi yang akan digunakan yaitu berbasis gambar dan warna yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Setelah pemberian edukasi menggunakan media PramEd, responden kembali diberikan post-test untuk melihat perubahannya. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perubahan pre dan post-test responden setelah mendapatkan materi edukasi menggunakan media PramEd. Terdapat perubahan pengetahuan dengan hasil signifikat berdasarkan hasil analisis statistik (p-value<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perubahan sebelum dan setelah pemberian materi edukasi menggunakan media PramEd pada peserta didik TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar.   Kata Kunci: media edukasi, usia dini, anak sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...