Abstrak. Proses pembelajaran saat ini khususnya pada mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar belum terdapat buku ajar yang menggabungkan semua materi yang terdapat dalam rps yang dapat digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan buku ajar mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar dengan tujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap buku ajar pengelolaan sumber daya belajar 2) mengetahui proses mendesain buku ajar pengelolaan sumber daya belajar 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan buku ajar pengelolaan sumber daya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/research and development (R&D), metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2020, 1 dosen pengampu mata kuliah serta 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi 86% atau sangat dibutuhkan. Kemudian hasil dari validasi ahli isi/materi diperoleh persentase 82% atau berada pada kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi. Sedangkan hasil dari validasi ahli media diperoleh persentase 95% atau berada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Hasil tanggapan dosen pengampu mata kuliah dan uji coba kepraktisan pada mahasiswa diperoleh persentase 95% dan 88% atau berada pada kualifikasi sangat praktis, dapat disimpulkan bahwa buku ajar sudah valid dan sangat praktis untuk digunakan pada mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar. Kata Kunci: Pengembangan, buku ajar, pengelolaan sumber daya belajar
Copyrights © 2023