Abstrak. Penelitia ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas XI TKJ pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas(WAN) di SMK Negeri 10 Jeneponto, , (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar  peserta didik kelas XI TKJ pada Mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas (WAN) di SMK Negeri 10 Jeneponto,. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs. Populasi pada penelitian ini adalah siswa jurusan TKJ di SMK Negeri 10 Jeneponto tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 168 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ 1 berjumlah 35 orang sebagai sampel kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive karena pengambilan sampel dilakukan dengan melihat beberapa pertimbangan tertentu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperiment dengan pola nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas atau dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan PBL dalam pembelajaran dan hasil belajar meningkat.  Kata Kunci: Model,  Problem Based Learning, berpikir Kritis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023