Abstrak. Intensi wirausaha merupakan indikator penting dalam memulai usaha. Oleh karena itu, peningkatan intensi wirausaha pada mahasiswa memegang peran penting dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda. Dengan meningkatnya wirausaha dari kalangan mahasiswa akan mengurangi jumlah pengangguran bahkan menambah jumlah lapangan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan modal sosial dan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala secara online. Skala yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Skala Modal Sosial dan 2) Skala Intensi Berwirausaha. Subjek penelitian adalah mahasiswa UNM sebanyak 120 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson’s Product Moment. Implikasi penting dari hasil penelitian ini adalah menumbuhkan intensi wirausaha mahasiswa melalui pengembangan kewirausahaan di lingkup akademik, dalam hal kebijakan kurikulum pendidikan dan program pelatihan, terutama yang terkait dengan modal sosial pada mahasiswa.  Kata Kunci: modal sosial, intensi wirausaha, mahasiswa 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023