Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa permainan ular tangga yang dikhususkan untuk materi refleksi dan translasi berwawasan lingkungan berbasis pendekatan STEAM yang valid, praktis dan efektif yang akan membantu peserta didik untuk lebih memahami konsep materi refleksi dan translasi. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu, define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Takalar dengan mengambil subjek penelitian kelasIX.1 sebanyak 32 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) serta instrumen lembar validasi ahli materi dan ahli media untuk mengukur aspek kevalidan, angket respon pendidik dan peserta didik untuk mengukur aspek kepraktisan, dan juga lembar tes hasil belajar untuk mengukur aspek keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki 3 kriteria yaitu: 1)valid dengan persentase sebesar 89,42% untuk kelayakan media dan sebesar 88,89% untuk kelayakan materi. 2)praktis berdasarkan angket respon pendidik dengan persentase sebesar 93,75% dan berdasarkan angket respon peserta didik praktis dengan persentase 90, 22%. 3)efektif berdasarkan tes hasil belajar peserta ddik diperoleh rata-rata nilai ketuntasan90.15 dengan persentase sebesar 93,75%. Kata kunci: Pengembangan, Berwawasan Lingkungan, STEAM.
Copyrights © 2024