Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 7

Analisis Korelasi Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Penalaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP di Kota Makassar

Mulbar, Usman (Unknown)
Zaki, Ahmad (Unknown)
Anugerah, Andi Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Abstrak. Akar permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar, selanjutnya ditinjau kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini mengkaji korelasi kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan metode kuantitatif-kualitatif (mixed method) yang bertujuan untuk mengkaji kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung lainnya yaitu tes kemampuan penalaran, angket kebiasaan belajar, pedoman wawancara kebiasaan belajar dan pedoman wawancara kemampuan penalaran. Populasi dalam penelitian ini adalh siswa SMP di Kota Makassar dan sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, hasil analisis data terlihat bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yang diperoleh melalui tes pemecahan masalah matematika sebesar 69 dan nilai tersebut berada pada kategori sedang. Sedangkan dari hasil analisis data tentang kebiasaan belajar rata-rata siswa berprestasi di SMP Negeri 6 Makassar berada dalam kategori sedang dengan nilai 65,29 yang diambil dari pengisian kosioner kebiasaan belajar. Kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa berprestasi SMP Negeri 6 Makassar mempunyai kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar dalam kategori sedang pada materi aljabar dan bangun datar. Hasil uji korelasi antara kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa menggunakan SPSS 22 diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,146(hasil analisis lengkap dapat dilihat pada Lampiran). Dikarenakan nilai siginifikansi. Sig. (2 tailed) (0,146)> taraf signifikansi ( maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima atau tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa berprestasi dalam memecahkan masalah matematika.  Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...