Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 2 (2024): June

Pemahaman Guru pada Konsep Tarbiyah, Ta'lim, dan Ta'dib dalam Pembelajaran untuk Pembentukan Karakter

Abdiyantoro, Restu (Unknown)
Sari, Novita (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
fakhruddin, fakhruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai istilah tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib dalam Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru PAI dalam memahami istilah tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib serta penerapannya dalam pembelajaran. Data primer dan sekunder digunakan, di mana data primer diambil dari wawancara dengan guru SMA Negeri 01 Empat Lawang, sedangkan data sekunder diambil dari beberapa literatur dan artikel terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI memahami istilah tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib serta penerapannya. Hal ini meliputi sholat dzuhur dan sebelum pulang wajib sholat ashar, pendekatan orang tua, dan organisasi rohis yang menunjang siswa untuk memperdalam ajaran Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...