Artikel ini mendialogkan pendidikan karakter dalam membentukan kepribadian muslim yang kemudian direlevansikan dengan proses mewujudkan nilai-nilai karakter pada ranah pendidikan islam kontemporer. Seperti diketahui bersama fakta dilapangan menunjukkan jika pendidikan hari ini masih menemui problem dalam mendidik karakter. Terbentuknya karakter yang luhur merupakan salah satu cita-cita dan tujuan dari pendidikan. Mirisnya perkembangan zaman semakin menjauhkan pendidikan dari cita-citanya menghasilkan karakter yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) melalui penelusuran data pustaka yang terdapat dalam buku kemudian dilengkapi dengan sumber pustaka lain artikel ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan artikel ini. Artikel ini menyimpulkan peran dari hakikat filsafat dalam menjalankan pendidikan karakter dalam hal ini dilakukan dengan cara Moral acting, knowing, feeling dan loving, dan moral modelling. Pendidikan karakter tersebut kemudian direlevansikan dengan pendidikan kontemporer antara lain dalam hal Integrasi nilai-nilai islam, pendidikan moral dan etika, pendidikan integritas dan nilai kejujuran serta pendidikan toleransi. Dari kesimpulan tersebut artikel ini berimplikasi pada satuan pendidikan nasional harus memandang aspek filosofis dalam mengembangkan pendidikan karakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024