Pendidik yang hanya terfokus dengan menggunakan satu media pembelajaran saja yakni hanya berfokus pada penggunaan bahan ajar yang telah disediakan oleh pemerintah sehingga dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas terkesan kurang kreatif dan monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning(PBL) berbantuan video pembelajaran materi fluida statis yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran materi fluida statis dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, praktis dan efektif. Diperoleh nilai hasil belajar dari pretest dan posstest hasil presentase rata-rata N-gain sebesar 0,72909603 (N-gain ≥ 0.70) sehingga N-gain yang dihasilkan dalam kategori tinggi. Dan ketuntasan klasikal diperoleh 92,85%. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran materi fluida statis yang telah dikembangkan berkualitas dan layak digunakan dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024