Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 4 No. 03 (2024): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2024

Komunikasi Pendidikan: Analisis Persepsi Wali Kelas dan Guru Kelas Terkait Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Uwais Al Qorni Depok

Mudjiyanto, Bambang (Unknown)
launa (Unknown)
Shilbi, Muhammad Daffa (Unknown)
Al-Faruqi, Afkar Khaibar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Motivasi belajar siswa adalah hal penting, termasuk motivasi belajar siswa di SDI Uwais Al Qorni Depok. Tujuan penelitian adalah menggali persepsi guru dan wali kelas terkait motivasi belajar siswa kelas 3 dan kelas 4 di SDI Uwais Al Qorni. Lokasi penelitian adalah SDI Uwais Al Qorni, subyek penelitian adalah motivasi belajar siswa, dan obyek penelitian adalah wali kelas dan guru kelas. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan metode analisis deskriptif (pendekatan kasus), teknik pengambilan sampel purposif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa SDI Uwais Al Qorni ditentukan oleh beberapa faktor, seperti penanaman motivasi tauhid dan kesadaran pada diri siswa, perhatian dan motivasi orang tua, memberikan apresiasi kepada siswa, metode pembelajaran yang tepat, dan kelengkapan sarana dan fasilitas belajar sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...