Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika perlu menjadi perhatian bagi pendidik dan perlu dicari solusi terbaik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang kesalahan-kesalahn yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier menggunakan OBE dan faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif denga teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian dilakukan pada mahasiswa UNMARIS semester II kelas ekstensi (kelas sore) sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan tes SPL dengan metode OBE sebagai berikut: 1). Kesalahan konsep, 2) kesalahan procedural , 3) kesalahan komputasi dan 4) kesalahan penarikan kesimpulan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan antara lain : 1). Mahasiswa tidak memahami konsep dasar dari materi matriks meliputi definisi, notasi; 2). Mahasiswa cenderung diam dan tidak aktif diskusi saat materi dijelaskan sehingga bingung mengerjakan soal; 3). Mahasiswa kurang konsentrasi dalam menghitung; 4) Mahasiswa lebih memilih mengisi jawaban akhir dibandingkan menuliskan jawaban secara prosedural; 5) Mahasiswa malas mengoreksi kembali jawaban sebelum dikumpul.
Copyrights © 2024