Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Timur Berdasarkan (1) dimensi tangible, fasilitas pendukung pelayanan di Disdukcapil Kolaka Timur belum memadai dan memuaskan masyarakat, (2) dari dimensi reliability atau kehandalan, Disdukcapil Kolaka Timur telah melakukan pelayanan yang baik, (3) berdasarkan dimensi responsivenes, diketahui bahwa pegawai Disdukcapil Kolaka Timur melayani masyarakat dengan baik, namun terkadang terjadi miskomunikasi antara pegawai yang membuat masyarakat bingung, (4) dari dimensi assurance, Kantor Disdukcapil Kolaka Timur telah memberikan jaminan kemudahan layanan dan jaminan keamanan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan layanan di Disdukcapil, (5) dilihat dari aspek empathy, Kantor Disdukcapil Kabupaten Kolaka Timur telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kabupaten Kolaka Timur. Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik
Copyrights © 2023