Journal of Lifelong Learning (JOLL)
Vol 6 No 2 (2023)

Analisis Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Studi Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Mari Belajar Desa Sako Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin

Cindrya, Elsa (Unknown)
Arisandi, Jesi (Unknown)
Marlina, Leny (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemandirian anak, karakteristik anak dan faktorfaktor yang mempengaruhi kemandirian anak Usia 3-4 Tahun di Desa Sako Kecamatan RambutanKabupaten Banyuasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber datayang digunakan adalah primer dan sekunder. Informan dari penelitian ini adalah orang tua dan gurukelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapunhasil dari penelitian ini adalah Kemandirian pada anak di KB Mari Belajar Desa Sako mulaiberkembang secara optimal. Kemandirian yang tampak pada anak seperti, anak sudah dapatmenyelesaikan tugasnya sendiri tanpa adanya bantuan dari orang tua dan guru. Karakteristikkemandirian emosional anak seperti anak sudah tidak meminta ditemani oleh orang tuanya didalamkelas, sedangkan faktor yang mempengaruhi ada dua yaitu Faktor internal yang meliputi faktor daripsikologis kemampuan perkembangan kognitif sangat berpengaruh, perkembangan kognitif anak diKB Mari Belajar Desa Sako masih mulai berkembang. Anak masih mulai dapat mengenal angkadengan baik. Faktor eksternalnya karena anak tidak terlalu dimanjakan oleh orang tua, sehinggamenimbulkan perilaku anak mandiri dalam diri anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JOLL Journal Of Lifelong Learning encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Education for Human Resources Development, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal ...