Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Surakarta sangat terdampak dengan adanyapersaingan ketat dalam mendapatkan murid-murid ditambah dengan adanya pandemi covid-19yaitu menurunnya jumlah peserta didik baru, sehingga dibutuhkan strategi yang dapatdilakukan untuk mendapatkan murid di masa transisi pasca pandemi covid-19. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui strategi humas SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalammempertahankan citra positif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknikpenentuan informan menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah EffectivePublic Relations dari Cutlip, Center dan Broom. Metode pengumpulan data menggunakanwawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari milesdan huberman. Hasil penelitian ini yaitu humas SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalammelaksanakan strategi yaitu Penelitian (research) yang bertujuan mengumpulkan fakta-faktayang ada dilapangan seperti jumlah data peserta didik yang masuk setiap tahun, Perencanaan(planning), setelah mendapatkan fakta terkait yang dihadapi dari hasil penelitian makaselanjutnya menyiapkan perencanaan program yang terdiri 2 kategori yang pertama programkegiatan keislaman dan ekstrakulikuler (internal) yang terdiri dari program IMMA (intensitasmembaca menulis Al Qur’an), Sholat Dhuha Berjama’ah, Tadarusan, Pengajian Sekolah danEkstrakulikuler Hizbul Wathan dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah, lalu yang kedua adalahprogram PPDB unggulan (eksternal) yang terdiri dari program Kewirausahaan, TahfidzulQur’an dan Peduli Terdampak Covid-19. Komunikasi dan Aksi (communication and action)yang merupakan langkah untuk memberikan informasi kepada masyarakat melalui media baikoffline, online dan testimonial seperti baliho, brosur, pamflet media sosial instagram@smamuhtigasurakarta, facebook, youtube dan informasi dari mulut ke mulut. Mengevaluasi(evaluation) yang merupakan langkah untuk untuk mengevaluasi program-program yang sudahdijalankan.Kata Kunci : Strategi, Humas, Citra, Murid
Copyrights © 2023