Solidaritas
Vol 7 No 1 (2023): Solidaritas

Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan: Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan

Feliesa Putri, Astrid (Unknown)
Wangi, Maya Sekar (Unknown)
Suryo S, Herning (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Platform sosial media khususnya YouTube menciptakan beragam profesi baru sepertiInfluencer. Influencer dianggap mampu memberikan pengaruh besar bagi audience-nya.Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi sebagai objekpenelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beautyinfluencer dan terpaan review product terhadap minat beli produk kecantikan pada akunYouTube channel Tasya Farasya. Teori yang digunakan dari Hovland, Janis Kelley (1953),yaitu seseorang dimungkinkan lebih mudah untuk dipersuasi jika sumber-sumberpersuasinya cukup kredibel. Kredibilitas sumber (source) pada sosial mediaberhubungan langsung dengan sikap viewers dalam menerima informasi. Ketika seorangviewers merasa seorang beauty influencer dalam mengulas sebuah produk dianggapkredibel, akan terbentuk sikap positif pada produk yang diulas yang nantinya akanmemunculkan minat beli produk. Penelitian menggunakan metode kuantitatifeksplanatif, dengan teknik pengumpulan data survei, populasi dalam penelitian ialahmahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dengan sampel para mahasiswi yangpernah menyaksikan konten review product kecantikan pada akun YouTube TasyaFarasya dengan kriteria perempuan berusia 17-26 tahun. Teknik sampling yangdigunakan ialah simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak100 orang. Pengujian analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linearberganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas beauty influncerberpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kecantikan sebesar 3,960(>1,985) dengan Sig. 0,000, begitu pula terpaan review product berpengaruh secarasignifikan pada minat beli produk kecantikan sebesar 8,508 (>1,985) dengan Sig. 0,000.Secara simultan pengaruh kredibilitas beauty influencer dan terpaan review productkecantikan terhadap minat beli produk sebesar 126,213 dengan Sig. sebesar 0,000(<0,05) dan persentase sebesar 85%Kata kunci : YouTube, Kredibilitas, Review Product, Minat Beli, YouTube TasyaFarasyaA

Copyrights © 2023