Penelitian tentang kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utaratimur kobi kabupaten maluku tengah ini bertujuan untuk mendeskripsikankualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utara tiur kobi. Kualitaspelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangkapemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturanperundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang,jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggarapelayanan publik yaitu setiap institusi penyelenggara negara. Penelitian inimenggunakan teori dari Zeithml dkk yang ditunjukan dengan lima indikatorantara lain : tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiviness(daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati). jenis penelitian iniadalah deskriptif kualitatif dengan metode kasus, teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu : (1) observasi (2) wawancara, dan (3) dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis model interaktif, teknikpemilihan informan ditentukan dengan teknik snowball sampling. Hasilpenelitian ini dilihat dari lima indikator yaitu : aspek tangible (bukti langsung),assurance (jaminan) dan empathy (empati) sudah menunjukan hasil yang baik.Aspek reliability (kehandalan) dan responsiviness (daya tanggap) secarakeseluruhan sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat kekurangan yaitu,alat bantu komputer dan petugas pelayanan serta petugas yang belum bisamemberikan kepastian waktu dalam pembuatan KTP. Berdasarkan hasilpenelitian bahwa kualitas pelayanan publik di kecamatan seram utara timurkobi sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat indikator yang masihkurang baik seperti raliability tentang kurangnya komputer dan petugaspelayanan dan responsiviness tentang kepeatian waktu dalam pembuatanKTP.Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik
Copyrights © 2023