Jurnal Basicedu
Vol. 4 No. 4 (2020)

Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Menggunakan VAK di Sekolah Dasar

Noviandi, Hendra (Unknown)
S, Neviyarni (Unknown)
F, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain pembelajaran model ASSURE menggunakan VAK pada pembelajaran tematik terpadu tema 9 kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Desain pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ASSURE menggunakan VAK. Subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Gadut. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan desain pembelajaran, angket respon peserta didik, angket respon pendidik, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa desain pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan ditinjau dari respon pendidik dan peserta didik. Desain pembelajaran ini juga memenuhi aspek keefektifan yang dilihat dari : 1) aktivitas peserta didik; 2) sikap; 3) pengetahuan peserta didik yang diharapkan melampaui KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) ; 4) keterampilan peserta didik. Desain pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP memiliki karakteristik: 1) praktis dalam penggunaan dan 2) menggunakan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...