Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 8, No 1 (2024): JURNAL LITERASI APRIL 2024

PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN STRATEGI PENGUATAN LITERASI INFORMASI PARA SISWA

Winoto, Yunus (Unknown)
Hendrayani, Heni (Unknown)
Septian, Falih Ijlal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pentingnya literasi informasi kaitannya dengan perpustakaan serta strategi yang dilakukan perpustakaan sekolah dalam penguatan literasi. Metode yang dipergunakan dalam penelitian menggutakan studi pustaka atau studi literatur yakni  merupakan studi yang mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis dan berguna untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa literasi informasi merupakan bagian yang penting dan merupakan prasyarat mutlak yang harus dimiliki masyarakat milenial agar mampu bersaing dengan masyarakat dunia lainnya. Perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan literasi informasi. Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan perpustakaan sekolah dalam penguatan literasi informasi para siswa diantaranya melalui pembentukan kelompok kegiatan membaca, pengayaan kurikulum, melakjukan kolaborasi dengan perpustakaan lainnya, serta melibatkan siswa dalam pengelolaan perpustakaan. Melalui strategi ini dapat menjadi upaya penguatan literasi informasi bagi para siswa sekolah dasar.Kata Kunci:  literasi informasi, perpustakaan sekolah, strategi penguatan literasi, siswa. ABSTRACTThis research aims to understand the importance of information literacy in relation to libraries and the strategies implemented by school libraries in strengthening literacy. The method used in this study is a literature review, which involves examining various reference books and previous research studies that are relevant and useful for establishing a theoretical foundation for the issue under investigation. The findings indicate that information literacy is a crucial component and an absolute prerequisite that the millennial generation must possess to compete with other global communities. Libraries, including school libraries, are an integral part of information literacy activities. There are various efforts that school libraries can undertake to strengthen the information literacy of students, including forming reading groups, enriching the curriculum, collaborating with other libraries, and involving students in library management. Through these strategies, efforts can be made to enhance the information literacy of elementary school students.Keywords : information literacy, school libraries, literacy strengthening strategies, students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...