Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 6 (2021)

Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Model PjBL Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning di Masa Pandemi Covid-19

Rochim, Roudhoutul Aulia (Unknown)
Prabowo, Prabowo (Unknown)
Budiyanto, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran di sekolah mengalami perubahan dari pembelajaran konvensional (tatap muka) menjadi pembelajaran daring, mengikuti protokol kesehatan physical distancing yang dianjurkan oleh pemerintah. Keefektifan pembelajaran dimulai dari perencanaan yang tentunya menggunakan prosedur dan konsep yang baik. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa masih kurangnya pengembangan perangkat pembelajaran . Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang mengajarkan konsep melalui sebuah proyek yang berpusat pada siswa. STEM sebagai pendekatan yang dapat mengintegrasikan pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika serta rancangan implementasi dengan model PjBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran model PjBL terintegrasi STEM berbasis e-learning pada materi Tekanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa guru membutuhkan perangkat pembelajaran yang baik dan menambah pemahaman konsep siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...