Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 1 (2022)

Hubungan Motivasi Ekstrinsik dengan Hasil Belajar

Yuliana, Eva (Unknown)
Rachman, Dwi Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu. Teknik pengambilan data dengan mengambil hasil nilai ulangan dengan pemberian motivasi berupa angket yang berjumlah 16 soal dengan skala likert. Analisis menggunakan uji normalitas, uji korelasi dan uji regresi linearitas sederhana. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata hasil belajar 68,25 dan rata-rata motivasi 56,15. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi dengan r2=0,467. Untuk garis linear regresi dihasilkan Y= 10,946 + 1,0121 X.  Sementara itu dari hasil analisis varian regresi diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,631 dan Ftabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 4,10 dan taraf signifikan 1% sebesar 7,35. Karena nilai Freg > Ftabel maka persamaan garis regresi tersebut menunjukkan signifikan. Artinya terdapat hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...