Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Pembelajaran Interaktif Melalui Model Blended Learning di Sekolah Dasar

Susilowati, Susilowati (Unknown)
Hidayati, Dian (Unknown)
Jannah, Fillah Babul Fathatul (Unknown)
Rahayu, Astutri Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Berawal dari maraknya Covid-19 berdampak pada kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah. Pembelajaran dilakukan dengan secara online menggunakan digitalisasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan pembelajaran interaktif melalui model blended learning yang diterapkan pada masa pandemic Covid-19 di SD Muhammadiyah Kadisoka, Sleman, DIY. Selain itu penelitian ini juga memaparkan seberapa efektifnya penerapan pembelajaran interaktif menggunakan blended learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan pada penelitian ii berjumlah 6 orang, diantaranya 3 pendidik dan 3 peserta didik SD Muhammadiyah Kadisoka. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi struktur yag dilakukan melalui tatap maya menggunakan platform zoom meeting dan video call. Kemajuan teknologi semakin canggih hingga saat ini peserta didik dapat belajar menggunakan teknologi yang dikemas dalam model pembelajaran blended learning. Melalui beberapa platform yang digunakan, kegiatan pembelajaran tetap berjalan  interaktif seperti layaknya elajar dengan tatap muka. Penerapan blended learning di SD Muhammadiyah Kadisoka dinilai sudah interaktif, dengan adanya pendidik yang dapat mengikuti perkembangan zaman maka kegiatan pembelajaran menggunakan model blended learning tetap berjalan dengan interaktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...