Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 3 (2022)

Hasil Belajar Bahasa Arab Berbasis Komputer dan Konvensional di Madrasah Tsanawiyah

Mardani, Dadan (Unknown)
Suharto, Nugraha (Unknown)
Suroyo, Suroyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan metode campuran dengan pendekatan embedded design dengan pendekatan Experimenttal Quasi Experimental Research tipe Noneequivalent [Pre-test and Post-test] Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Arab berbasis komputer dan konvensional serta menganalisis keefektifan kedua model pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas IX MTs Al-Zaytun dengan populasi 687 siswa dengan sampel 68 siswa. Hasil analisis uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar berbasis komputer dan hasil belajar konvensional. Uji keefektifan dengan N-Gain Score Test kedua model pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis komputer lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Hasil wawancara dengan guru bahasa Arab menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis komputer sangat membantu guru dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi ajar, hal ini membuat guru lebih termotivasi untuk meningkatkan keterampilan ICT-nya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...