Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) pada pokok bahasan tema 7 peristiwa dalam kehidupan tema 2 Peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 200212 padangsidimpuan yang berjumlah 62 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas Va yang diambil secara purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel, serta lembar angket untuk menilai si peneliti. Hasil pengumpulan data yang dilakukan diperoleh nilai mean sebesar 89,81 berada pada kategori “Sangat Baik”, Median sebesar 89,95 berada pada kategori “Sangat Baik”, dan modus sebesar 88,3 berada pada kategori “Sangat Baik”. 17 butir pernyataan dari observer diperoleh bahwa seluruh pernyataan dijawab dengan “Ya” artinya bahwa penggunaan model pembelajaran mulai dari persiapan sampai kesimpulan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 68 dan rata-rata posttest 83,5. Hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung ttabel atau 13,14 2,04 yang artinya На diterima yaitu Penerapan Model Pembelajaran AIR Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 200212 Padangsidimpuan
Copyrights © 2024