Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik disebabkan oleh banyak faktor, beberapa faktor tersebut diduga karena beberapa hal seperti: kurangnya pengetahuan, pengalaman pendidik dalam menggunakan perangkat pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pada umumnya pembelajaran berlangsung secara konvensional, sehingga pembelajaran kurang menekankan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan peembelajaran yang berlaku saat ini. Pembelajaran demikian selain kurang meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, juga kurang memotivasi peserta didik untuk melakukan penemuan dengan lebih baik. Alangkah lebih baik peserta didik yang menguasai konsep tidak hanya mampu menghafalkan sejumlah konsep yang telah dipelajarinya, tetapi ia mampu menerapkannya pada aspek lainnya dengan mengembangkan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran tematik kelas tinggi sekolah dasar dan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan library research (kajian kepustakaan). Sumber data meliputi yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang berupa jurnal, skripsi, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka secara berkesinambungan dengan objek pembahasan yang diteliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian, diperoleh bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas tinggi sekolah dasar yang dilihat dari terlaksananya semua indikator keterampilan berpikir kreatif yang ada dan diukur dari kaitannya dengan langkah-langkah model project based learning.
Copyrights © 2024