Dewasa ini, adanya sistem digitalisasi hampir dalam segala aspek kehidupan, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Perkembangan teknologi secara langsung memberikan dampak positif, namun secara tidak lagsung menjadi tantangan sendiri bagi peserta didik. dalam pendidikan masa kini tidak hanya berfokus pada pemanfaatan teknologi, akan tetapi minat baca peserta didik harus diperhatikan untuk menyongsong kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu, Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan minat membaca peserta didik setelah diimplementasikan kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD di Kabupaten Dharmasarya. teknik pengumpulan data observasi, kusioner dan studi pustaka. Pada akhir penelitian didapatkan gambaran kemampuan literasi membaca peserta didik, bagaimana pelaksanaan kegiatan lietrasi berjalan dalam menumbuhkan minat membaca serta faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan literasi membaca dilaksanakan.
Copyrights © 2023