Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 1 (2023)

Pengembangan Vidio Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flip Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Zafirah, Hana (Unknown)
Jamaan, Elita Zusti (Unknown)
Suherman, Suherman (Unknown)
Permana, Dony (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Siswa harus diberi kesempatanyuntuk berpikir dan aktif memecahkan berbagai masalah yang diberikan. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMK. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan vidio pembelajaran matematika menggunakan model Flip Learning. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri PP Padang Mengatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan flipped learning tergolong sangat efektif dengan persentase 86,62% untuk RPP, dan 83,93%runtuk video pembelajaran, dan sangat praktisuasing-masing 87% danu86,85%. Sedangkan berdasarkan hasilrhasil uji soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperolehu83,33% peserta didik memenuhuirkriteria keberhasilan tes kemampuan pemecahan masalah matematis > 80%, artinya vidio pembelajaran matematika menggunakan model flip learning sangat efektif terhadaprkemampuan pemecahan masalah matematis. Jadi, kemampuan pemecahan masalahumatematis peserta didik dapat ditingkatkan menggunakan video pembelajaran matematika menggunakan model flip learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...