Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023)

Pengaruh Metode Field Trip Berbantuan Media Magic Box terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V

Lukman, Sartika (Unknown)
Syamsuri, Andi Sukri (Unknown)
Arief, Tarman A (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metode field trip berbantuan media magic box terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dan motivasi belajar siswa kelas V di Wilayah 1 Kabupaten Takalar. Desain kuasi-eksperimental dengan teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan melalui tes menulis karangan dan angket motivasi belajar dari 59 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode field trip berbantuan media magic box memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa (nilai signifikansi = 0,000) dan juga berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa (nilai signifikansi = 0,000). Kesimpulannya, penggunaan metode field trip berbantuan media magic box efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dan motivasi belajar siswa kelas V di Wilayah 1 Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...