Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powtoon dalam Meningkatkan Pemahaman Pembagian Kadar Wajib Zakat Binatang Ternak Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X

Murtadlo, Muhammad Khafidz Akhsin (Unknown)
Murtadlo, Muhammad Khasib Amin (Unknown)
Raharjo (Unknown)
Hajar, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Dalam ilmu fiqih terdapat materi yang sulit dipahami siswa mengenai pembagian zakat binatang ternak kerena perincian yang cukup detail. Penelitian ini  bertujuan mengetahui bagaimana mengembangkan sebuah media pembelajaran dari aplikasi video interaktif powtoon serta menguji seberapa pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman pembagian kadar wajib zakat binatang ternak. Metode penelitian ini merupakan hasil dari jenis penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada R & D Cycle Borg and Gall dengan Penelitian yang dilaksanakan di SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo pada siswa kelas 10 materi zakat dan hikmahnya bagian kadar wajib zakat binatang ternak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif PowToon yang dikembangkan layak digunakan dan dimanfaatkan untuk proses pembelajaran mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman pembagian kadar wajib zakat binatang ternak dengan hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh Thitung lebih besar dibanding Ttabel yaitu 5,14 > 1,999 sehingga Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan, dengan memberikan kotribusi sumbangan sebesar 28,4 %. Penelitian ini menunjukan tahapan mengembangkan media pembelajaran, Menguji pengaruh media pembelajaran berbasis video interaktif powtoon sebagai proses dalam peningkatan mutu belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang baik berupa pemahaman pembagian kadar wajib zakat binantang ternak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...