Dalam dunia pendidikan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sangat dibutuhkan untuk memberikan proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap pengetahuan siswa. Hal tersebut berlaku pada proses pembelajaran PKn di sekolah dasar yang memberikan pengaruh pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang fokus pada kecakapan berpikir kritis siswa SD dalam pembelajaran PKn melalui model Problem Based Learning. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini yaitu  di SD Negeri Podorejo 02, Kota Semarang pada bulan September sampai bulan Oktober 2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan smenerapkan model problem based learning. Langkah pembelajaran yang dilakukan yaitu penyampaian materi yang berbeda tiap siklusnya, berkelompok dan berdiskusi, serta penyajian hasil diskusi. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat berpikir kritis siswa meningkat setelah diterapkannya model problem based learning. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifan siswa, hasil diskusi yang beragam, serta interaksi yang lebih banyak di antara siswa. Siswa memiliki pengalaman baru setelah diterapkannya problem based learning khususnya dalam menyelasaikan masalah di dunia nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023