Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Evaluasi Model CIPP dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran pada Program Kampung Cambridge Mutiara Cendekia

Diharja, Umar (Unknown)
Machrawinayu, Isnaeni (Unknown)
Ritonga, M Ghassan Arrafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Program Kampung Cambridge Mutiara Cendekia yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Cendekia Kota Lubuklinggau, dimana pembelajaran Bahasa Inggris memainkan peran yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama untuk mempersiapkan Kota Lubuklinggau untuk menjadi lebih berdaya saing di era MEA. Penelitian bertujuan membantu pengelola program membuat kebijakan tentang apakah program harus dilanjutkan, diperbaiki, atau bahkan dihentikan, dimana evaluasi  program  memberikan  rekomendasi sebagai bahan  pertimbangan. Metode penelitian ini menggunakan evaluasi model CIPP (context, input, process, and product) yang melibatkan para siswa, guru, dan kepala sekolah. Data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara terhadap subjek penelitian, dan dilakukan analisis data. Hasil penelitian menemukan melalui 4 (empat) tahapan yaitu 1) Konteks, menemukan peran program KCMC dan pemenuhan penunjang pembelajaran untuk menjamin berlangsungnya kegiatan dan tujuan lembaga sekolah, 2) Masukan, menemukan kelengkapan pelaksanaan program dan kinerja guru Bahasa Inggris yang menilai keprofesionalan didalam memberikan materi, 3) Proses, menemukan pelaksanaan program KCMC masih memerlukan perbaikan dan peningkatan kualitas terhadap proses pembelajaran yang dihasilkan, 4) Produk, menemukan hasil evaluasi pembelajaran yang baik, namun masih membutuhkan peningkatan metode dalam meningkatkan kecakapan akademik Bahasa Inggris. Sehingga hasil evaluasi menunjukkan bahwa program Kampung Cambridge Mutiara Cendekia telah berhasil memenuhi kebutuhan perkembangan keterampilan bahasa dan kebutuhan belajar bahasa Inggris peserta didik di suatu lembaga sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...