Latar belakang pada perencanaan berisi tentang suatu rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi pengembangan kurikulum PAUD Berbasis Karakter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka. Hasil dari penelitian ini Menggunakan beberapa strategi yang digunakan dalam pengembangan kurikulum di PAUD yaitu: (1) strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Anak, (2) Bermain (3) Bercerita, (4) Bernyanyi dan (5) Pembelajaran Terpadu. Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan karakter pada AUD merupakan dasar yang sangat penting harus diterapkan. Dalam penerapan pendidikan karakter tentunya tidak terlepas dari penataan kurikulum yang diimplementasikan dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatanpembiasaan. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan, yaitu: 1) Keteladan 2) Penanaman/penegakan disiplin 3) Pembiasaan 4) Menciptakan suasana yang kondusif. Dengan adanya strategi yang digunakan dalam pengembangan kurikulum Yang tepat di PAUD, maka suatu pembelajaran yang ingin dicapai akan berjalan sesui dengan tujuan yang diharapkan. Begitu juga halnya ketika menerapkan nilai karakter maka diperlukan beberapa persiapan yang akan dilakukan oleh masing-masing guru kelas. Serta penanaman karakter tidak hanya terpaku pada kurikulum, akan tetapi dapat berjalan secara efektif ketika penanaman karakter ini dilakukan dalam pembiasaan kegiatan keseharian pada anak sehingga menumbuhkan karakter yang baik.
Copyrights © 2024