Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Keterampilan Berbicara dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Rosidah, Lutfia (Unknown)
Humaeroh, Iis (Unknown)
Setiabudi, Dede Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Model Picture and Picture adalah strategi pengajaran yang menggunakan gambar sebagai sumber daya utama untuk belajar dan dapat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan merangsang kreativitas dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana meningkatkan Keaktifan Keterampilan Berbicara menggunakan Model Picture And Picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, dokumentasi dan tes sebagai metode pengumpulan data. Dan dalam pengecekan keabsahan data pada penelitian ini mengunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media visual gambar memudahkan pengembangan kemampuan berbicara aktif yang didapatkan dari hasil temuan data lapangan dengan memberikan gambar yang menggambarkan berbagai bentuk benda. Dengan tujuan mereka mengumpulkan data dan mengklasifikasikan objek menurut bentuknya. seperti wujud padat, cair, dan gas. Yang selanjutnya, peserta bergiliran mempresentasikan penemuan mereka, sementara peneliti memberikan evaluasi verbal, termasuk narasi yang dibangun berdasarkan visual yang menggambarkan siklus air dan menjelaskan manfaat praktis air dalam tugas sehari-hari. Penerapan metode pembelajaran picture and picture menghasilkan peningkatan bertahap dalam tingkat keterlibatan berbicara siswa pada setiap siklus. Efektivitas model ini dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa telah dibuktikan, khususnya dalam konteks kelas tiga MI Ma'had Al-Zaytun

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...