Penelitian ini bertujuan guna menganalisis sejauh mana pengaruh lingkunkungan kerja dan program pelatian terhadap efektivitas kerja guru sekolah menengah pertama sebanyak 126 guru. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Untuk hasil penelitian terhadap efektivitas kerja guru sekolah menengah pertama kecamatan Taman Sari Jakarta Barat ini adalah: (1) Lingkungan kerja memiliki pengaruh sebesar dengan signifikan bernilai 3,509 dengan perbandingan menggunakan  1,657 ini mengartikan cukup signifikan terhadap efekivitas kerja guru; (2) program pelatihan memiliki pengaruh sebesar dengan bernilai signifikan bernilai 0,000 < 0,05 yang mengartikan cukup signifikan terhadap efektivitas kerja guru; (3). Lingkungan kerja dan program pelatihan tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan yaitu sebesar sig bernilai 0,206 > 0,05. Sehingga maka lingkungan kerja dan program pelatihan tidak memiliki pengaruh pada efektivitas kerja guru Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Besarnya pengaruh lingkungan kerja dan program pelatihan terhadap efektivitas kerja guru, menurut guru mengembangkan kompetensinya pada lingkungkungan kerja dan program pelatihan. Sehingga guru menjadi lebih inovatif, kreatif dan modern. Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat simpulkan bahwa lingkungan kerja dan pelatihan guru berpengaruh terhadap efektivitas kerja guru, maka implikasi dari penelitian ini adalah diperlukan adanya pelatihan khusus guna meningkatkan professional guru melalui pelatihan atau seminar yang diadakan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024